Menghasilkan Uang Dengan Instagram Marketing #BisnisDigital

Menghasilkan Uang di Instagram

Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram sangat populer di media sosial. Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan, Instagram telah menjadi saluran media sosial terfavorit bagi banyak brand.

Brand-brand ini sekarang menghabiskan sejumlah besar anggaran media sosial mereka untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan lead dari Instagram.

Jadi, sekarang waktunya Anda untuk mendapatkan keuntungan dari semakin populernya Instagram.

Jika Anda mau berusaha, Anda pasti bisa membuat akun Instagram yang dapat menghasilkan banyak uang.

Cocok untuk

Orang yang suka menggunakan Instagram dan suka selfie.

Keahlian yang Dibutuhkan

  1. Kemampuan untuk mengambil foto berkualitas baik.
  2. Kemampuan untuk mengedit foto secara profesional.
  3. Kemampuan untuk mengedit foto atau wallpaper berkualitas tinggi menggunakan alat seperti Canva, Befunky, dll.
  4. Kreativitas dan imajinasi.

Bagaimana Memulainya?

Untuk memulai, yang Anda butuhkan hanyalah akun Instagram, nama pengguna yang bagus, foto profil yang menarik, dan bio yang mengesankan.

Jika Anda telah siap, maka saatnya memposting dan memulai pemasaran.

Tips:

1. Pilih niche / ceruk Anda: Sebelum Anda dapat memulai pemasaran di Instagram, Anda harus memilih niche tempat Anda akan beroperasi. Cara terbaik untuk menemukan niche yang cocok untuk diri Anda adalah dengan melihat hal-hal yang paling menarik bagi Anda atau hal-hal yang Anda kuasai.

Misalnya, jika Anda seorang fashionista dan suka dengan tren fashion terbaru, Anda dapat secara rutin berbagi tren, gaya, tips dan trik fesyen dengan audiens Anda.

2. Isi bio Anda dengan benar: Bio adalah tempat pertama di mana follower Anda mendapatkan informasi tentang Anda. Jadi, Anda perlu memastikan bio Anda mampu menciptakan kesan pertama.

Anda dapat menambahkan satu atau dua garis deskripsi, tautan ke situs web Anda, dan emotikon untuk menarik perhatian.

Anda juga dapat menambahkan beberapa kata kunci dan beberapa tagar untuk memastikan bahwa Anda mudah dicari.

3. Buat postingan untuk follower Anda: Sebelum Anda mulai memposting gambar di akun Anda, lakukan riset dan cari tahu apa yang paling disukai orang di ceruk pasar Anda? Gambar mana yang akan menarik mereka? Tagline mana yang akan memberikan pengaruh positif pada mereka? Dan seterusnya.

Menemukan jawaban untuk pertanyaan yang disebutkan di atas akan membantu Anda membuat postingan yang akan menarik banyak follower.

4. Posting secara teratur: Untuk meningkatkan jumlah follower Anda lebih cepat, Anda harus memposting beberapa gambar per hari. Tetapi pastikan Anda tidak memposting semuanya sekaligus, mempostingnya pada waktu yang berbeda dalam sehari. Terkadang jika Anda terlalu sibuk, cobalah memposting setidaknya satu gambar setiap hari.

5. Gunakan foto yang berkualitas tinggi: Akun Instagram Anda harus menjadi brand. Jadi pastikan Anda hanya memposting gambar yang berkualitas tinggi.

Tidak ada gunanya memposting foto berkualitas rendah karena akan menurunkan nilai akun Anda.

Foto berkualitas tinggi akan menarik perhatian follower Anda, foto-foto tersebut juga akan membantu menarik perhatian casual browsers yang hanya akan menemukan Anda karena foto yang Anda posting, yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah follower Anda.

6. Gunakan tagar yang relevan: Hashtags adalah fitur Instagram yang paling dominan, jika digunakan secara cerdik, hashtags akan membantu postingan Anda untuk menjangkau jutaan orang yang mungkin tertarik dengan profil Anda. Lakukan riset dan temukan tagar terbaik di niche Anda dan pastikan Anda memasukkannya dalam setiap postingan.

Kunjungi situs web Tagsforlikes.com untuk menemukan tag paling populer di dalam niche Anda.

Selain itu, jaga agar tagar tetap relevan, dan jangan coba-coba memasukkan terlalu banyak. Instagram memungkinkan Anda untuk memposting 30 tagar dalam setiap postingan.

7. Libatkan follower Anda: Anda perlu berinteraksi dengan follower Anda untuk membangun kepercayaan, mendapatkan wawasan tentang masalah, kebutuhan, dan harapan mereka sehingga Anda dapat menggunakan data ini untuk membuat konten yang lebih relevan bagi mereka.

Cara sederhana untuk terlibat dengan follower Anda adalah dengan menyukai gambar mereka, memberikan komentar yang berharga atau bahkan mengikuti mereka kembali.

Anda bahkan dapat membuat kontes harian yang mungkin tampak relevan bagi follower Anda.

Misalnya, brand jam tangan terkenal memiliki “Pic of the day” yang meminta pelanggan mereka untuk memposting gambar menggunakan brand dari jam tangan tersebut.

Mereka kemudian memilih gambar terbaik dan mempostingnya di profil Instagram mereka.

Patut Dibaca!  Menghasilkan Uang Dengan Menjadi Seorang Asisten Peneliti #BisnisDigital

Follower menyukai kontes semacam itu karena jika terpilih mereka akan mendapat kesempatan menjadi populer di antara pengikut brand lainnya.

Cara Menghasilkan Uang

Berikut ini adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari Instagram:

1. Pemasaran Afiliasi

Ini adalah cara yang baik untuk mulai menghasilkan uang terutama ketika akun Instagram Anda telah mengumpulkan beberapa ribu pengikut dan berkembang pesat.

Pemasaran afiliasi di Instagram sangat berbeda dari saluran lainnya seperti blogging dan video marketing.

Di sini Anda perlu memposting gambar dari produk yang ingin Anda promosikan dan mendorong penjualan dengan menempatkan URL afiliasi Anda ke dalam bio atau teks Anda.

Berikut ini tautan ke beberapa perusahaan terkenal di mana Anda dapat mendaftar sebagai afiliasi:

Shareasale.com
Stylinity.com
Liketoknow.it

2. Buat Postingan yang Disponsori

Jika Anda memiliki keterlibatan yang cukup aktif dengan follower Anda, Anda dapat memperoleh uang dengan membuat postingan sponsor untuk suatu brand.

Postingan yang disponsori tidak lain adalah postingan biasa yang berisi gambar berkualitas tinggi atau video dari suatu produk atau brand.

Anda akan dibayar untuk setiap post yang disponsori. Pembayaran bersifat variatif, tergantung pada popularitas, pengaruh, keterlibatan, demografi pengikut, dan sebagainya.

Tujuan dari setiap postingan yang disponsori adalah untuk mengenalkan suatu produk atau brand pada pengikut Anda.

Tetapi saat melakukannya pastikan Anda hanya memilih produk atau brand yang relevan bagi audiens Anda dan cocok untuk citra pribadi Anda di Instagram.

Berikut ini adalah nama dan tautan perusahaan yang dapat Anda kunjungi dan Anda dapat mendaftarkan diri sebagai influencer:

  • Tapinfluence
  • TIfluenz
  • TTakumi

3. Jual foto Anda

Jika Anda mengambil foto berkualitas tinggi dan mengeditnya secara profesional untuk postingan Instagram Anda, Anda bisa menjualnya untuk memperoleh tambahan pundi-pundi rupiah.

Ada banyak orang, blogger, dan pebisnis yang selalu mencari foto-foto baru dan kreatif. Instagram dapat membantu Anda menemukan mereka dan Anda bisa menjual foto Anda kepada mereka.

Ada cara yang sangat sederhana untuk melakukan ini. Tambahkan watermark ke foto Anda dan list semua detail penjualan dan kontak dalam keterangan. Orang-orang yang tertarik untuk membelinya akan menghubungi Anda, dan Anda dapat menjual foto Anda kepada mereka.

Berikut ini adalah nama beberapa situs terpercaya dimana Anda dapat menjual foto Instagram Anda.

Twenty20.com
Foap.com

4. Jual produk Anda sendiri

Jika Anda secara pribadi membuat produk atau Anda adalah seorang retailer, Anda perlu memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan penjualan.

Promosi produk sangat efektif di Instagram karena Anda dapat memposting foto produk Anda yang dipersonalisasi yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Anda dapat menggunakan banyak taktik promosi seperti membuat infografis yang indah, meminta pelanggan untuk memposting gambar mereka menggunakan produk Anda atau bahkan memposting gambar bahan yang belum jadi serta proses pembuatannya.

5. Jual akun Instagram Anda

Jika Anda sudah populer di Instagram dengan jutaan pengikut. Anda perlu beralih dari Instagram dan melakukan hal yang lain.

Jika Anda ingin off dari Instagram, Anda dapat menjual akun Instagram Anda dan mendapatkan uang yang banyak.

Harga akun Instagram Anda akan tergantung pada niche, jumlah pengikut, keterlibatan, dan sebagainya.

Berikut daftar beberapa situs web legal dimana Anda dapat menjual akun Instagram Anda:

Fameswap
Viralaccounts.com

Tips Ekstra

Di atas disebutkan bahwa cara terbaik untuk memonetisasi akun Instagram Anda adalah setelah mendapatkan beberapa ribu pengikut, tetapi saya sarankan untuk tidak memulai promosi sampai Anda mendapatkan 10 ribu pengikut.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir menunggu untuk mulai menghasilkan uang sampai akun mendapat 10 ribu pengikut benar-benar gila.

Tapi percayalah, ini adalah cara yang benar. Pertama-tama Anda perlu membangun kepercayaan dan kepercayaan diri di benak pengikut Anda dan Anda hanya bisa melakukannya dengan memberikan nilai yang konsisten kepada mereka selama periode waktu tertentu.

Terimakasih sudah membaca dan semoga dapat bermanfaat.

How useful was this post?

Berikan bintang postingan!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.